Home / Headline / “Road-show” Tiga Pilar Kecamatan Taman dalam rangka cipta kondisi dan persamaan persepsi giat Ops Aman Suro 2017

“Road-show” Tiga Pilar Kecamatan Taman dalam rangka cipta kondisi dan persamaan persepsi giat Ops Aman Suro 2017

polresmadiunkota.com – Polsek Taman : Bertempat di kantor Kelurahan Taman Jl. Salak Madiun, telah dilaksanakan kegiatan “Road-show” Tiga Pilar Kecamatan Taman dalam rangka cipta kondisi dan persamaan persepsi giat Ops Aman Suro 2017, Jum’at (8/9/2017)

Hadir dalam kegiatan tersebut : Kapolsek Taman; Danramil 0803/01 Taman; Camat Taman; Kanit dan Panit Binmas Polsek Taman; Kepala Kelurahan Taman; Bhabinkamtibmas Rayon Taman; Tokoh beladiri ranting Taman dan Satgas Pamter/Korlap PSH Teratai dan PSH Winongo.

Panit Binmas IPDA JOJOK memaparkan bahwa sesuai arahan dari pimpinan bahwa kegiatan Suro akan dilaksanakan pada tgl 20 September 2017 malam dan 21 September 2017. Karena banyaknya peserta dari luar kota maka kegiatan PSH Teratai akan dibagi dalam beberapa zona waktu sesuai dengan wilayah asal rombongan. Sedangkan untuk PSH Winongo giat Suran Agung akan dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2017. Demi kelancaran dan keamanan kegiatan maka para peserta tidak diperkenankan menggunakan motor tetapi akan disiapkan kendaraan Roda 4 sebagai sarana transportasi.

Camat Taman mengatakan bahwa acara malam ini tujuannya untuk menyamakan persepsi, sosialisasi dan antisipasi kerawanan kegiatan dua Warga Perguruan Pencak Silat di bulan Suro 2017, terkait pada pelaksanaannya secara teknis ada ketentuan baru untuk keamanan, ketertiban dan kelancaran kegiatan.

Kapolsek Taman Kompol Drs Agus Suharyono, menyatakan kebanggaannya atas kekompakan, sinergitas dan kerukunan antara warga Perguruan Pencak Silat di wilayah Kecamatan Taman yang telah kompak melaksanakan berbagai  kegiatan secara bersama sama dan ini adalah contoh untuk Kecamatan lainnya.

Sudah menjadi tradisi rutin bagi saudara kita SH Teratai maupun SH Winongo untuk melaksanakan kegiatan Suroan dan Suran Agung. Dua perguruan silat  terbesar ini berpusat di Kota Madiun, sehingga Madiun mendapat julukan “Kampung Pesilat” dan kegiatan ini menjadi sebuah even budaya tingkat Nasional.

“Tanggal 12 September 2017 nanti akan dilaksanakan rakor antara Polda Jatim dan Polda Jateng karena peserta peziarah juga akan datang dari luar Jatim kemudian para korlap dan tokoh PSHT dan PSHW akan dikumpulkan di Asrama Haji kota Madiun.”

“Mengenai kebijakan Penggunaan Roda 4 yang telah dikoordinasikan dan disepakati Pengurus Pusat Perguruan serta pembagian Zona waktu pelaksanaan “Nyekar” dan “Suran Agung” dimaksudkan untuk memperlancar dan memudahkan mobilisasi warga perguruan, sehingga peserta yang jumlahnya ribuan dapat terarah secara bergiliran melaksanakan kegiatan (tradisi ritual) dengan tertib dan aman.”

Danramil 0803/01 Taman menambahkan bahwa dalam tema pertemuan ini adalah menyamakan persepsi sehingga apa kesepakat mulai dari tingkat atas (Pusat) sampa bawah (akar rumput) harus sama. “Sesuai dengan pedoman falsafah negara kita Pancasila yaitu gotong royong, maka dalam hal ini apabila rekan rekan dari PSHT melaksanakan kegiatan nyekar maka rekan rekan dari PSHW dan yang lainya ikut mengamankan dan membantu begitu juga sebaliknya.
Masih maraknya isu isu yang mengarah pada adu domba di masyarakat agar warga PSHT dan PSHW jangan mudah terprovokasi.” tegasnya.

Dalam sesi tanya jawab SUPARDAN (Korlap PSHT Ranting Taman) menyatakan setuju dengan manajemen yang telah ditentukan dan menanyakan bagaimana mekanisme kendaraan yang akan digunakan; yang dijelaskan Kapolsek bahwa terkait hal itu, kami harap Koordinator Lapangan menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas kelurahan masing-masing, data berapa jumlah banyaknya warga peserta kegiatan, dan dimana saja titik kumpul pemberangkatan, sehingga kami dapat menyiapkan jumlah kendaraan yang digunakan sesuai dengan data tersebut.

KUSPRASTYO (Korlap PSHW ranting taman) menyatakan tentang masalah kendaraan (penggunaan R4) kami akan mematuhi apapun keputusan dari Pusat, dan terkait titik keberangkatan akan berpusat di lapangan Gulun.

Menutup acara Kapolsek menyampaikan terimakasih atas dukungan para warga perguruan khususnya Ranting Taman dan diharapkan para korlap dapat berperan aktif dan bersinergi dengan petugas kami dilapangan demi aman dan tertibnya kegiatan Suro dan Suran Agung 2017. (US)

About POLSEK TAMAN

Check Also

Isu masalah DPT dan Money Politic biang Penyebab Timbulnya Konflik Pilkada Kota Madiun

Polresmadiunkota.com – Polsek Taman : DPT adalah Daftar Pemilih Tetap yang sudah terdata oleh KPU. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com