Home / Headline / Silaturahmi Kapolres Madiun Kota dengan MUI dan Tokoh Agama Kota Madiun

Silaturahmi Kapolres Madiun Kota dengan MUI dan Tokoh Agama Kota Madiun

Polresmadiunkota.com – Polsek Taman :
Kapolres Madiun Kota AKBP Sonny Mahar BA menghadiri acara Silaturahmi/ Tatap Muka dengan Majelis Ulama Indonesia dan Tokoh Agama Kota Madiun. Kamis (18/5/2017)

Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Madiun Jl. D.I. Panjaitan 3 Kel. Pandean, Kec. Taman, Kota Madiun telah berlangsung Kegiatan Silaturahmi/Tatap Muka Kapolres Madiun Kota dengan MUI Kota Madiun dan Tokoh Agama Kota Madiun.

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Madiun Kota; Pejabat Utama dan Para Kapolsek jajaran Polres Madiun Kota; Ketua MUI Kota Madiun; Kepala Kemenag Kota Madiun; Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB) Kota Madiun; Perwakilan Ormas Islam Kota Madiun, serta Tokoh agama Kota Madiun.

Dalam sambutannya ketua MUI Kota Madiun KH Sutoyo menjelaskan bahwa pertemuan seperti ini biasa dilakukan setiap menjelang Ramadhan dan hubungan sinergitas yang telah terbangun antara Polri dan ulama di kota Madiun terbangun cukup baik dan harmonis.

“Dalam menyambut bulan suci Ramadhan MUI Kota Madiun berencana akan  mengadakan aksi 1000 obor (pawai obor) menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan 1438 H, kegiatan pawai obor sudah merupakan tradisi dari sejak jaman dahulu dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan mari kita lestarikan kembali, sama sekali kegiatan ini tidak terkait (sebagai tandingan) dari aksi 1000 Lilin yang digelar dibeberapa daerah di Indonesia. Ini murni kegiatan menyambut bulan Ramadhan.” tegasnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Madiun HM. Amir Sholehuddin menyambut positif rencana kegiatan pawai 1000 obor menyambut datangnya bulan Ramadhan 1438 H.

“Bergembira dengan datangnya Bulan Ramadhan itu merupakan sunah Rosululloh SAW dan mendapatkan pahala tetapi faktor keamanan dan kenyamanan warga Kota Madiun tentunya tetap menjadi prioritas. Kami siap mengintruksikan kepada Madratsah-madratsah lingkup Kantor Kemenag Kota Madiun agar mendukung kegiatan tersebut yang merupakan gagasan dari MUI Kota Madiun.” jelasnya.

Kapolres Madiun Kota AKBP Sonny Mahar BA. mengucapkan terima kasih kepada para ulama dan tokoh agama yang selama ini sudah banyak berperan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di kota Madiun.

“Bangsa kita saat ini sedang diterpa banyak kejadian yang meresahkan masyarakat dari isu penculikan anak sampai isu yang bermuatan SARA yang tujuannya hanya untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, seperti didaerah-daerah lain di Kalimantan sudah ada isu permusuhan antara muslim dan non-muslim. Kami mengharapkan di wilayah kita Kota Madiun ini tetap aman, jangan sampai terpengaruh oleh gencarnya isu yang menyebar sehingga terpecah belah. Apalagi berita perkelahian antar perguruan silat kemarin, mari kita saling menghormati satu dengan lainnya demi keutuhan NKRI.” jelasnya.

Menjelang Ramadan Polres Madiun kota juga telah menggelar operasi pekat (penyakit masyarakat) yang tujuannya untuk menciptakan Kota Madiun ini tertib dan kondusif terutama menjelang bulan suci Ramadhan 1438 H.

Kapolres juga menyampaikan Apresiasi dari Kapolri kepada NU dan Muhammadiyah yang sampai saat ini selalu menjadi teman yang paling setia. NU dan Muhammadiyah adalah sahabat sejati dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI.

Ketika ditanya oleh Zaenudin dari Pesantren Al Irsad tentang masih ditemukannya simbol PKI dan tentang kasus penodaan Agama oleh Ahok yang terkesan memojokkan para ulama, Kapolres menjelaskan bahwa adanya lambang PKI yang ditemukan di berbagai tempat itu dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan kepolisian sudah bekerja dalam menangani masalah tersebut mengenai perkara dugaan penodaan agama hanyalah dijadikan alasan dalam upaya untuk  memecah belah karena itu kasus perorangan yang akhirnya melibatkan kelompok-kelompok besar secara umum, sebaiknya serahkan pada mekanisme hukum. Jangan sampai kita terprovokasi untuk bertindak over reaktif.

Menutup acara Silaturahmi Ketua MUI Kota Madiun mengundang Kapolres dan para Tokoh Agama untuk hadir pada rapat lanjutan tentang rencana aksi 1000 obor menyambut Ramadhan 1438 H. (US)

 

About POLSEK TAMAN

Check Also

Rakord Ops Ketupat Semeru 2019

polresmadiunkota.com.Menjelang digelarnya Ops Ketupat Semeru 2019 Polres Madiun Kota menggelar Rapat Koordinasi pelaksanaan Operasi Ketupat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by themekiller.com